Senin, 18 Februari 2013

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan


Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

by HANAMICHI S on 25 DECEMBER, 2012
Manfaat kacang hijau akan anda rasakan bila anda secara rutin mengkonsumsi kacang hijau tersebut. Kacang hijau masuk dalam kategori kacang-kacangan bersama dengan kacang kedelai. Tidak jauh berbeda dengan kacang kedelai yang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh, kacang hijau pun juga memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Sebelum anda mengetahui manfaat kacang hijau lebih banyak, anda harus mengetahui kandungan yang ada pada kacang hijau. Berikut kandungan-kandungannya.
Setiap 100 gram kacang hijau memiliki kandungan :
1. 24 g protein
2. 1,3 g lemak
3. 56,7 g karbohidrat
4. 124 g kalsium
5. 326 fosfor
6. 0,47 mg vitamin B1
7. 0,39 mg vitamin B2
manfaat kacang hijau
Nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau sangatlah banyak, diantaranya adalah :
1. Protein. Kandungan utama yang terrdapat pada kacang hijau adalah protein. Hampir 24% kandungan kacang hijau adalah protein. Pada kehidupan sehari-hari, kacang hijau menjadi makanan yang sangat membantu memberikan nutrisi bagi ibu hamil atau menyusui karena nutrisinya mampu membuat bayi lebih sehat. Selain itu kacang hijau juga bisa dijadikan alternatif sebagai sumber protein nabati.
2. Kalsium serta fosfor. Salah satu manfaat yang ada pada kacang hijau adalah membantu tumbuh kembang gigi dan tulang yang mana terdapat pada kalsium dan fosfornya
3. Rendah lemak. Bila anda sedang melakukan program diet, kacang hijau merupakan makanan yang nyaman dan aman untuk dikonsumsi tanpa harus khawatir akan gagalnya proram diet anda. Hal ini disebabkan oleh rendahnya lemak yang terkandung pada kacang hijau tersebut hanya sekitar 1,3 g dalam setiap 100g.
4. Bagi penderita jantung, tidak perlu cemas karena lemak yang ada pada kacang hijau adalah lemak tak jenuh yang bahkan baik untuk jatung.
5. Vitamin B1 dan B2 yang ada pada kacang hijau.
Berikut manfaat kacang hijau untuk mendapatkan tubuh yang sehat :
1. Melancarkan pencernaan anda
2. Mengurangi efek buruk dari keracunan alkohol
3. Mengurangi tekanan darah tinggi
4. Muntaber
5. Radang ginjal
6. Beri-beri
7. Impotensi
8. TBC
9. Jerawat atau flek hitam diwajah
10. Memperbaiki sistem pencernaan
Sekalipun direbus dengan waktu yang lama namun manfaatnya tidak akan hilang. Hal ini menjadi satu kelebihan tersendiri dari kacang hijau tersebut. Itulah beberapa manfaat kacang hijau yang kami informasikan bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar